Jumat, 03 Oktober 2014

PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN SDM




Pelatihan dan pengembangan sering kita dengar dalam dunia kerja di perusahaan, organisasi, lembaga, atau bahkan dalam instansi kesehatan. Hal ini dapat mengartikan bahwa pelatihan dan pengembangan sangat penting bagi tenaga kerja untuk dapat bekerja lebih menguasai dan lebih baik terhadap pekerjaan yang dijabat atau akan dijabat kedepan. Tidak terlalu jauh dalam perusahan yang modern, pelatihan dan pengembangan sering dilakukan sebagai upaya meningkatkan kinerja para tenaga kerja atau karyawan yang dianggap belum mampu untuk mengembangkan pekerjaannya karena faktor perkembangan kebutuhan dari pelanggan. Secara deskripsi tertentu potensi para pekerja mungkin sudah memenuhi syarat administrasi pada pekerjaannya, tapi secara aktual para pekerja harus mengikuti atau mengimbangi perkembangan teknologi dan permintaan  sesuai dengan tugas yang dijabat atau yang akan dijabatnya. Hal ini yang mendorong pihak perusahaan  untuk memfasilitasi pelatihan dan pengembangan karir para tenagakerja yang berguna untuk mendapatkan hasil kinerja yang baik, efektif dan efisien.

  Tujuan pelatihan :

1.    Untuk meningkatkan keterampilan para karyawan sesuai dengan perkembangan perusahaan.
2.    Untuk meningkatkan produktivitas kerja organisasi.
3.    Untuk mengurangi waktu belajar bagi karyawan baru agar menjadi kompeten.
4.    Untuk membantu masalah operasional.
5.    Memberi wawasan kepada para  karyawan baru untuk lebih cepat mengenal organisasinya.
6.    Meningkatkan kemampuan karyawan  mengerjakan tugasnya yang sekarang.
7.    Kemampuan menumbuhkan sikap empati dan melihat sesuatu dari “kacamata” orang lain.
8.    Meningkatkan kemampuan menginterpretasikan data dan daya nalar para karyawan.
9.    Meningkatkan kemampuan dan keterampilan para karyawan dalam menganalisis suatu permasalahan serta pengambilan keputusan.

 Tujuan pengembangan :
1.    Mewujudkan hubungan yang serasi antara atasan dan bawahan.
2.    Menyiapkan para manajer, karyawan baru yang berkompeten untuk lebih cepat masuk ke tingkat senior (promosi  jabatan).
3.    Untuk membantu mengisi lowongan jabatan tertentu.
4.     Meningkatkan semangat kerja seluruh tenaga kerja dalam organisasi dengan komitmen organisasional yang lebih tinggi.
5.    Mendorong sikap keterbukaan manajemen melalui gaya manajerial yang partisipatif.
6.    Meningkatkan kepuasan kerja.
7.    Memperlancar jalannya komunikasi yang efektif yang dapat memperlancar proses perumusan kebijakan organisasi dan operasionalnya.
8.    Mengembangkan atau merubah sikap, sehingga menimbulkan kemauan kerja sama dengan sesama karyawan dan manajemen ( pimpinan ).

Manfaat Pelatihan dan Pengembangan

Adapun berapa manfaat yang didapat dari pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia dapat dilihat dalam dua sisi diantaranya:
a)    Dari sisi individu karyawan:
1.    Menambah pengetahuan terutama penemuan terakhir dalam bidang ilmu pengetahuan yang bersangkutan, misalnya prinsip dan filosofi manajemen yang terbaik dan terakhir.
2.    Menambah dan memperbaiki keahlian dalam bidang tertentu sekaligus memperbaiki cara pelaksanaan yang lama.
3.    Merubah sikap kerja yang menjadi culture perusahaan.
4.    Memperbaiki atau menambah imbalan atau balas jasa yang diperoleh dari organisasi tempat bekerja.
b)   Dari sisi organisasi:
1.    Menaikkan produktivitas pegawai.
2.    Menurunkan biaya perekrutan karyawan baru.
3.    Mengurangi turn over pegawai.
4.    Kemungkinan memperoleh keuntungan yang lebih besar, karena direalisirnya keduamanfaat tersebut terlebih dahulu.

Pelatihan dan pengembangan wajib dilakukan oleh setiap perusahaan. Pelatihan dan pengembangan tidak hanya hard skill (kemampuan tehnik,matematika dll) melainkan kemampuan soft skill ( komunikasi, leadership dll.)

Jadi kesimpulan  dari pelatihan dan pengembangan ini harus disesusaikan dengan tujuan dan kebutuhan dari perusahaan tersebut sehingga cost perusahaan dapat ditekan dan pertanggung jawaban terhadap manajemen dapat dipertanggung jawabkan.Dengan adanya program pelatihan yang diadakan oleh maka karyawan akan merasa bahagia dan senang karena dirinya dianggap oleh karyawan sehingga loyalitas dan cinta terhadap perusahan akan tumbuh dengan sendirinya.







0 komentar:

Posting Komentar