Kamis, 23 Oktober 2014

ANALISA PEKERJAAN

Analisa pekerjaan atau yang lebih popular di kenal dengan sebutan job analisis  merupakan sebuah proses yang terstruktur dari penghimpunan informasi dari tugas, kewajiban, kewenangan dan tanggung jawab dari  pekerjaan tertentu. JOB ANALYSIS / Analisis Jabatan merupakan kegiatan untuk menciptakan landasan atau pedoman bagi penerimaan dan penempatan karyawan yang baru bergabung dengan perusahaan tersebut.
JOB ANALYSIS / Analisis Jabatan secara sistematik meliputi kegiatan-kegiatan mengumpulkan, mengevaluasi dan mengorganisasikan pekerjaan/jabatan. Informasi yang dikumpulkan melalui analisis jabatan berperan penting dalam perencanaan SDM pada perusahaan kerena menyediakan data yang akurat dan tepat tentang kondisi kepegawaian dan lingkungan kerja.  Contoh hasil informasi yang didapat dari kegiatan Job Analysis / analisis pekerjaan  antara lain uraian jabatan, syarat jabatan,  berat dan ringannya  pekerjaan,  besar dan kecilnya  risiko  pekerjaan,  sulit  tidaknya pekerjaan,  besar  kecilnya  tanggung  jawab,  banyak  sedikitnya  pengalaman,  tinggi rendahnya tingkat pendidikan dan JOB ANALYSIS / Analisis pekerjaan pertimbangan-pertimbangan lain.
Lalu apa yang dimaksud dengan pekerjaan itu? Pekerjaan adalah suatu peran yang dilakukan setiap pekerja untuk menghasilkan barang atau jasa yang kemudian dapat dijadikan sebagai landasan untuk menerima hak mereka seperti gaji dll.
Ada beberapa langkah yang harus ditempuh dalam menganalisa jabatan. Pertama tentukan lebih dulu tugas-tugas pokok yang harus ada dalam jabatan itu, termasuk didalamnya perilaku dan aktivitas yang melekat pada jabatan itu.
Kedua, mengidentifikasi knowledge, abilities, skills, dan other characteristics (KASOCs) yang diperlukan untuk melaksanakan tugas-tugas itu. Knowledge berarti seperangkat informasi yang ada di dalam prosedur yang harus diterapkan dalam pekerjaan itu. Misalnya tingkat pendidikan dan ilmu pengetahuan yang seseorang ketahui.
Abilities berarti kompetensi atau kemampuan untuk menghasilkan hasil nyata yang bisa diamati. Misalnya kemampuan seorang pengetik yang baik adalah menghasilkan ketikan yang rapi dan tidak banyak salahnya.
Skill  berarti keahlihan yang dimiliki seseorang untuk melakukan tindakan yang bisa dipelajari, baik yang sifatnya motorik, verbal,  atau melakukan pengolahan mental yang menyangkut data, orang atau barang.
Other characteristics meliputi faktor kepribadian,sifat, sikap, atau watak yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan tertentu.
Laporan analisa jabatan untuk seorang yang bekerja sebagai sopir bus jarak jauh (AKAP) mungkin berupa pengetahuan hokum dan aturan lalu lintas di jalan raya, komunikasi lisan yang baik, kemampuan menyopir yang trampil, dan kehandalan  untuk melaksanakan tugasnya dengan cukup baik.

Analisis Jabatan mencakup 2 elemen, yaitu :
1. Uraian Jabatan (Job Description).
2 Spesifikasi Jabatan (Job Spesification) atau Persyaratan Jabatan (Job Requirement)

Uraian Jabatan (Job Description)
Uraian jabatan adalah suatu catatan yang terstruktur tentang tugas dan tanggung jawab suatu jabatan tertentu, yang ditulis berdasarkan fakta-fakta yang ada dan kebutuhan setiap perusahaan. Penyusunan uraian jabatan ini merupakan hal yang sangat penting, terutama untuk memimalisasi terjadinya perbedaan pengertian, untuk menghindari terjadinya pekerjaan rangkap, serta untuk mengetahui batas-batas tanggung jawab dan wewenang masing-masing jabatan di suatu perusahaan tersebut.

Spesifikasi/Persyaratan Jabatan
Spesifikasi jabatan adalah persyaratan minimal yang harus dipenuhi oleh orang yang menduduki suatu jabatan tertentu, agar orang tersebut dapat melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya dengan baik dan benar. Spesifikasi jabatan ini dapat disusun secara bersama-sama dengan Uraian Jabatan, tetapi dapat juga di susun secara terpisah.
Beberapa hal yang pada umumnya dimasukkan dalam Spesifikasi Jabatan adalah:
1. Persyaratan pendidikan, latihan dan pengalaman kerja
2. Persyaratan pengetahuan dan keterampilan
3. Persyaratan fisik dan mental.
4. Persyaratan umur dan jenis kelamin.


Kegunaan Analisa Jabatan
Job Description dan Job Specification, sebagai hasil dari Analisa Jabatan mempunyai banyak manfaat, antara lain:
1.      Sebagai dasar untuk melakukan evaluasi hasil pekerjaaa.
2.      Sebagai dasar untuk menentukan standar gaji seseorang karyawan.
3.      Sebagai dasar untuk melakukan rekrutmen, seleksi dan penempatan pegawai baru.
4.      Sebagai dasar untuk merancang program pendidikan dan latihan.
5.      Sebagai dasar untuk menyusun jalur promosi
6.      Untuk rnerencanakan perubahan-perubahan dalam organisasi dan
penyederhanaan kerja                 






 dan

0 komentar:

Posting Komentar