Jumat, 26 September 2014

SELEKSI KARYAWAN


Proses seleksi karyawan bukan merupakan tujuan akhir tetapi prasarana dengan mana organisasi berupaya untuk mencapai tujuan – tujuan dan sarana. Sebuah organisasi atau perusahaan menghadapi keterbatasan seperti anggaran, perbedaan jenis kelamin dan lain -lain.
Proses seleksi ini menurut pendapat  saya dalam teorinya sangat mudah namun dalam kenyataanya sangat sulit dan kompleks. HRD (Human Resource and Delevopment) dapat menggunakan berbagai prosedur seleksi untuk membandingkan pelamar dengan lowongan yang dibutuhkan. Langkah – langkah proses seleksi yang biasanya dilakukan oleh perusahaan antara lain sebagai berikut
1. PENERIMAAN PENDAHULUAN
Organisasi memilih karyawan dan para pelamar memilih perusahaan. Dengan permintaan tertulis untuk melamar dan bila pelamar  datang sendiri, wawancara pendahuluan dapat dilakukan untuk membantu menghilangkan kesalahpahaman, memeriksa berkas -berkas informasi lamaran.
2. TES – TES PENERIMAAN
Tes -tes penerimaan sangat berguna untuk mendapatkan informasi yang relatif obyektif tentang pelamar yang dapat dibandingakan dengan para pelamar lainnya dan para pekerja sekarang. Tes – tes penerimaan ini merupakan berbagai peralatan bantu yang menilai antara kemampuan, pengalaman, kepribadian pelamar,dan persyaratan jabatan.
3. WAWANCARA SELEKSI
Wawancara seleksi merupakan percakapan formal dan mendalam yang dilakukan untuk mengevalusikan hal dapat diterimanya atau tidak  seorang pelamar. Wawancara mempunyai  tingkat fleksibelitas tinggi karena dapat diterapkan baik kepada para calon karyawan level manajemen, operator, maupun staf. Teknik ini memungkinkan pertukaran informasi 2 arah, pewawancara yang mempelajari pelamar dan sebaliknya pelamar mempelajari perusahaan. Tipe – tipe wawancara beragam ada wawancara individu dimana jumlah pewawancaranya cuma satu demikian juga jumlah pelamarnya, dan ada juga wawancara kelompok dimana jumlah pewawancaranya dua atau lebih dan pelamar satu, dua atau lebih. Tidak
4. PEMERIKSAAN REFERENSI
Pemeriksaan referensi dilakukan dengan beberapa cara diantaranya personal references yaitu    biasanya diberikan kepada keluarga atau teman – teman terdekat baik yang ditunjuk oleh pelamar  sendiri atau diminta perusahaan. Bila referensi diserahkan secara tertulis pemberi referensi biasanya hanya menekankan hal -hal positif.. Selain dari referensi pribadi ada juga employment references yaitu menyangkut latar belakang pekerja atau pengalaman pekerja.
5. EVALUASI MEDIS
Evaluasi medis ini sangat penting dan dibutuhkan oleh perusahaan karena digunakan untuk mengetahui tingkat kesehatan karyawan dan kekuatan karyawan dalam menyelsaikan tugas – tugas pekerjaan nantinya. Di samping itu evaluasi medis memungkinkan perusahaan untuk menekan biaya perawatan kesehatan, asuransi, mengetahui kesehatan fisik  dan bisa mengatasi stress mental terhadap suatu beban pekerjaan yang diberikan oleh perusahaan.
6. KEPUTUSAN PENERIMAAN
Keputusan penerimaan karyawan menandai berakhirnya proses seleksi, Hasil akhir ini adalah merupakan pemilihan karyawan – karyawan baru yang memiliki kompetensi di bidangnya.Keputusan penerimaan karyawan ini bisa di putuskan oleh bagian HRD (Human Resources and Development), atasan (user), atau kedua – duanya saling memutuskan karyawan baru yang terbaik.. Bagi karyawan yang ditolak perusahaan menyimpan blangko lamaran meraka untuk dijadikan informasi yang akan datang.
7. EVALUASI
Evaluasi karyawan baru harus diperhatikan dari absensi,outptut kerja, prestasi kerja,dan kegiatan pekerjaan yang karyawan lakukan secara berkala dan sistematis untuk memaksimalkan produktifitas  kerja yang efektif dan efisien. Hasil akhir penerimaaan karyawan baru ini bukan merupakan akhir suatu ,keberhasilan perekrutan karyawan  tetapi merupakan awal perusahaan merintis kedepannya maju atau tidak.
Sebagus apapun  langkah yang dilakukan oleh sebuah perusahaan maka akan tidak akan berguna bagi perusahaan jika perusahaan tidak bisa memajemen dan mengembangkan karyawan baru.

blogger-viens.blogspot.com/2013/01/seleksi-tenaga-kerja_2756.html
miredboyz.blogspot.com/p/seleksi-karyawan.html
dhelanoke.blogspot.com/2013/05/langkah-langkah-seleksi-pegawai.html



0 komentar:

Posting Komentar