Analisa pekerjaan atau yang lebih popular di kenal dengan
sebutan job analisis merupakan sebuah
proses yang terstruktur dari penghimpunan informasi dari tugas, kewajiban, kewenangan
dan tanggung jawab dari pekerjaan
tertentu. JOB ANALYSIS / Analisis Jabatan merupakan kegiatan untuk menciptakan
landasan atau pedoman bagi penerimaan dan penempatan karyawan yang baru
bergabung dengan perusahaan tersebut.
JOB ANALYSIS / Analisis Jabatan secara sistematik meliputi
kegiatan-kegiatan mengumpulkan, mengevaluasi dan mengorganisasikan
pekerjaan/jabatan. Informasi yang dikumpulkan melalui analisis jabatan berperan
penting dalam perencanaan SDM pada perusahaan kerena menyediakan data yang
akurat dan tepat tentang kondisi kepegawaian dan lingkungan kerja. Contoh hasil informasi yang didapat dari
kegiatan Job Analysis / analisis pekerjaan antara lain uraian jabatan, syarat
jabatan, berat dan ringannya pekerjaan,
besar dan kecilnya risiko pekerjaan,
sulit tidaknya pekerjaan, besar
kecilnya tanggung jawab,
banyak sedikitnya pengalaman,
tinggi rendahnya tingkat pendidikan dan JOB ANALYSIS / Analisis pekerjaan
pertimbangan-pertimbangan lain.
Lalu apa yang dimaksud dengan pekerjaan itu? Pekerjaan adalah
suatu peran yang dilakukan setiap pekerja untuk menghasilkan barang atau jasa
yang kemudian dapat dijadikan sebagai landasan untuk menerima hak mereka
seperti gaji dll.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgsYB3ASlhyphenhyphen8Oqpzze59SKeW9eN5nj_JMi2-p8nPpGb9fNPJZlKg9j3t5qbxSjreRpOiOpdhEACl7Gr4gzpBETa1-X3PxiQ0eKOukSDsGaKsS-MSjiHxp7E0cbe1t9QTjduyyxSSaofWBXn/s1600/job+analisis.jpg)
Kedua,
mengidentifikasi knowledge, abilities, skills, dan other characteristics
(KASOCs) yang diperlukan untuk melaksanakan tugas-tugas itu. Knowledge berarti seperangkat informasi
yang ada di dalam prosedur yang harus diterapkan dalam pekerjaan itu. Misalnya
tingkat pendidikan dan ilmu pengetahuan yang seseorang ketahui.
Abilities berarti kompetensi atau kemampuan
untuk menghasilkan hasil nyata yang bisa diamati. Misalnya kemampuan seorang
pengetik yang baik adalah menghasilkan ketikan yang rapi dan tidak banyak
salahnya.
Skill berarti keahlihan yang dimiliki seseorang
untuk melakukan tindakan yang bisa dipelajari, baik yang sifatnya motorik,
verbal, atau melakukan pengolahan mental
yang menyangkut data, orang atau barang.
Other characteristics
meliputi faktor kepribadian,sifat, sikap, atau watak yang diperlukan untuk
menyelesaikan suatu pekerjaan tertentu.
Laporan
analisa jabatan untuk seorang yang bekerja sebagai sopir bus jarak jauh (AKAP)
mungkin berupa pengetahuan hokum dan aturan lalu lintas di jalan raya,
komunikasi lisan yang baik, kemampuan menyopir yang trampil, dan kehandalan untuk melaksanakan tugasnya dengan cukup baik.
Analisis Jabatan mencakup 2
elemen, yaitu :
1. Uraian
Jabatan (Job Description).
2 Spesifikasi
Jabatan (Job Spesification) atau Persyaratan Jabatan (Job Requirement)
Uraian
Jabatan (Job Description)
Uraian
jabatan adalah suatu catatan yang terstruktur tentang tugas dan tanggung jawab
suatu jabatan tertentu, yang ditulis berdasarkan fakta-fakta yang ada dan
kebutuhan setiap perusahaan. Penyusunan uraian jabatan ini merupakan hal yang sangat
penting, terutama untuk memimalisasi terjadinya perbedaan pengertian, untuk
menghindari terjadinya pekerjaan rangkap, serta untuk mengetahui batas-batas
tanggung jawab dan wewenang masing-masing jabatan di suatu perusahaan tersebut.
Spesifikasi/Persyaratan
Jabatan
Spesifikasi
jabatan adalah persyaratan minimal yang harus dipenuhi oleh orang yang
menduduki suatu jabatan tertentu, agar orang tersebut dapat melaksanakan
tugas-tugas yang dibebankan kepadanya dengan baik dan benar. Spesifikasi
jabatan ini dapat disusun secara bersama-sama dengan Uraian Jabatan, tetapi
dapat juga di susun secara terpisah.
Beberapa hal
yang pada umumnya dimasukkan dalam Spesifikasi Jabatan adalah:
1.
Persyaratan pendidikan, latihan dan pengalaman kerja
2.
Persyaratan pengetahuan dan keterampilan
3. Persyaratan
fisik dan mental.
4.
Persyaratan umur dan jenis kelamin.
Kegunaan Analisa Jabatan
Job
Description dan Job Specification, sebagai hasil dari Analisa Jabatan mempunyai
banyak manfaat, antara lain:
1.
Sebagai dasar untuk melakukan evaluasi hasil pekerjaaa.
2.
Sebagai dasar untuk menentukan standar gaji seseorang karyawan.
3.
Sebagai dasar untuk melakukan rekrutmen, seleksi dan penempatan
pegawai baru.
4.
Sebagai dasar untuk merancang program pendidikan dan latihan.
5.
Sebagai dasar untuk menyusun jalur promosi
6.
Untuk rnerencanakan perubahan-perubahan dalam organisasi dan
penyederhanaan
kerja
dan
0 komentar:
Posting Komentar